Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Lebaran

Lebaran menjadi momen yang paling dinantikan seluruh umat muslim di dunia setelah berpuasa selama 30 hari. Selain merayakan kemenangan, momen ini juga dimanfaatkan untuk berkumpul bersama sanak saudara. Aktivitas yang padat saat Lebaran membuat tubuh lelah dan mudah terserang penyakit. Apalagi jika tidak menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Tubuh yang sehat dan fit sangat dibutuhkan saat Lebaran. Dilansir dari Times Indonesia,konsultan nutrisi Jansen Ongko mengungkapkan tiga langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh saat Lebaran. Apa saja?

1. Menjaga Pola Makan

Jansen menyarankan untuk menjaga pola makan yang teratur dan bergizi menjelang Lebaran. Meski Ramadan telah memasuki minggu terakhir, hal itu bukan menjadi alasan untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang rendah. Pastikan gizi terpenuhi saat sahur dan berbuka agar tetap fit menjalani aktivitas sehari penuh.

“Jangan cuma minum teh hangat saat sahur, justru itu akan membuat kita lapar dan tidak konsentrasi karena nafsu makan meningkat akibat hormon pemicu lapar terlalu tinggi,” ujar Jansen.

2. Istirahat

Jadwal yang padat dan kurangnya asupan makanan saat Ramadan membuat tubuh cepat lelah. Untuk itu diperlukan istirahat yang cukup dan teratur selama puasa. Pastikan waktu tidur cukup selama tujuh hingga delapan jam agar tubuh tetap fit hingga Lebaran tiba.

3. Aktif bergerak

Puasa tak menjadi alasan untuk kita malas bergerak. Jansen mengingatkan untuk tetap aktif bergerak dan melakukan banyak aktivitas agar kesehatan tubuh terjaga. Melakukan banyak hal juga dapat menjaga pikiran agar tak terus menerus tertuju pada rasa lapar dan wakttu berbuka.

Dikutip dari : https://www.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: