Makanan Sumber Kalsium Pengganti Susu

Kalsium berguna untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, juga memastikan agar otot, sel dan saraf Anda berfungsi sebagaimana mestinya. Orang dewasa memerlukan 1.000 mg kalsium perhari atau setara dengan dua gelas susu. Tapi, bagaimana jika Anda vegan atau intoleran susu? Inilah sumber kalsium selain susu yang bisa Anda konsumsi.

 

Brokoli
Kandungan kalsium: 86 miligram dalam dua cangkir. Tambahan: Percaya atau tidak, selain kalsium, sayuran ini mengandung hampir vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet tinggi sayuran seperti brokoli dapat mrnunrunkan risiko kanker jenis tertentu, termasuk kamker usus besar dan kanker kandung kemih.

 

Kale
Kandungan kalsium: 101 miligram dalam satu cangkir. Tambahan: Superfood ini hanya mengandung 30 kalori perporsi, memgandung vitamin C sebanyak dosis harian yang dianjurkan, dan vitamin A dua kali asupan harian yang direkomendasikan. Plus, kaya akan vitamin K, nutrisi yang membantu pembekuan darah.

 

Edamame
Kandungan kalsium: 98 miligram dalam cangkir. Tambahan: Edamame telah dimakan di China dan Jepang selama ribuan tahun. Edamame mengandung sembilan jenis asam amino esensial dan delapan gram serat perporsinya.

 

Bok Choy
Kandungan kalsium: 74 miligram per cangkir. Tambahan: Secangkir bok choy hanya mrngandung sembilan kalori. Bok Choy juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan kalium.

 

Jeruk
Kandungan kalsium: 74 miligram dalam satu jeruk besar dan 27 miligram dalam secangkir jus jeruk. Tambahan: anda tahu bahwa jeruk sangat kaya akan vitamin C untuk meningkatka kekebalan tubuh, juga rendah kalori dan penuh dengan antioksidan.

 

Sarden
Kandungan kalsium: 351 miligram dalam per 3,75 onsnya. Tambahan: Selain kalsium, sarden juga sarat vitamin B-12, yang merupakan nutrisi penting untuk otak dan kesehatan sistem saraf. Sarden juga mengandung vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan sangat sulit untuk didapatkan di dalam banyak jenis makanan lainnya.

 

Okra
Kandungan kalsium: 82 miligram dalam satu cangkir. Tambahan: Okra mengandung serat larut air yang ampuh melawan sembelit, serta vitamin B6 dan folat.

 

Tahu
Kandungan kalsium: 434 miligram per setengah cangkir. Tambahan: Tahu adalah sumber protein nabati. Bahan makanan ini enak jika ditumis, atau direbus dengan bumbu dan sayuran.

 

Almond
Kandungan kalsium: 75 miligram perons. Tambahan: Almond juga mengandung sekitar 12 persen dosis protein harian yang dianjurkan dan kaya akan vitamin E dan kalium. Plus, mengandunv jenis lemak yang baik yang membantu menurunkan kadarKolesterol jahat selama Anda menikmatinya dalam jumlah yang moderat.

 

Dikutip dari :health.kompas.com

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: