SEMINAR NASIONAL HISFARSI PD IAI DIY 2019

SEMINAR NASIONAL HISFARSI PD IAI DIY

Quality Improvement for Hospital Pharmacist; A Challenge for SNARS and Lean Hospital Implementation”

Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit tidak terlepas dari pelayanan farmasi. Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sudah menetapkan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS Edisi 1) dengan mencantumkan Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO) sebagai salah satu indikator mutu pelayanan Rumah sakit. Artinya, peran Apoteker sangat besar untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang paripurna.

Dengan banyaknya tantangan pemenuhan SNARS, tentu harus ada upaya yang efektif untuk mencapainya, termasuk meminimalisir hal-hal yang tidak penting (waste) supaya bisa berfokus pada peningkatan nilai (value) yang dapat meningkatkan kepuasan pasien. Apalagi di era BPJS, Apoteker harus mampu meningkatkan kualitas dengan biaya yang minimal (High Qualily, Low Cost).

Melalui seminar nasional ini, HISFARSI PD IAI DIY mengajak para sejawat sekalian untuk memahami konsep Lean Hospital dan Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO). Seminar ini diselenggarakan pada 1 dan 2 Maret 2019, bertempat di The Karaton Ballroom, Royal Ambarukmo Yogyakarta. Rangkaian acara sudah disusun sedemikian rupa hingga dalam waktu dua hari, peserta akan mendapatkan banyak ilmu serta fasilitas yang nyaman.

Secara garis besar, materi yang dibahas yaitu tentang peran Apoteker di SNARS Edisi I, baik dalam hal peningkatan mutu pelayanan, manajemen resiko, strategi pemilihan indikator mutu dan penerapan sistem medication safety, serta konsep lean hospital dan kendali mutu-kendali biaya.

Pembicara adalah tokoh yang ahli di bidangnya. Hari pertama akan membahas mengenai peran Apoteker sesuai SNARS Edisi I dengan menghadirkan DR. dr. Sutoto, M.Kes (Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah Sakit), Dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes., Sp.OG. (K) (Direktur Medik dan Keperawatan RSUP DR. Sardjito, Drs.Amrizal Marzuki, M.Kes, MARS, Apt (Ketua HISFARSI), Dra. L.Endang Budiarti, M.Pharm.,Apt. (Praktisi RS Bethesda Yogyakarta), Dra. Arofa Idha, M.Farm.Klin, Apt. (Praktisi RSUD Saiful Anwar Malang).

Hari kedua akan membahas mengenai peran Apoteker dalam meningkatkan mutu pelayanan dan Lean Hospital dengan menghadirkan DR. dr. Fathema D. Rachmat, Sp.B.,Sp. BTKV(K), MPH (Direktur Utama RS PELNI), Rini Isyana Wardani, S.Farm.,Apt. (Kepala Instalasi Farmasi RS PELNI), Ari Kurnianingsih, M.Farm.,Klin.,Apt. (Kepala Instalasi Farmasi RSUD Blambangan), Linda Dimyati, S.Si.,MM., Apt. (Wakil Direktur Umum dan Keuangan RS Mata Dr. Yap Yogyakarta), serta Irma Risdiana, S.Si., MPH., Apt. (Kepala Instalasi Farmasi RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta).

Nah, tunggu apa lagi? Ayo segera mendaftar! Kesempatan sangat terbatas. Apalagi sambil meningkatkan kompetensi diri dan mendapatkan 12 SKP IAI, sejawat semua bisa traveling menikmati keanekaragaman budaya, kuliner dan wisata di Yogyakarta. Kami tunggu partisipasi sejawat sekalian. Sampai bertemu di Yogyakarta!

Leaflet Seminar Nasional Hisfarsi DIY 2019

Leaflet Seminar Nasional Hisfarsi DIY 2019

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: