Persediaan Obat di Rumah dan Saat Bepergian

PERSEDIAAN OBAT DI RUMAH DAN SAAT BEPERGIAN

Apoteker RS Islam Hidayatullah Yogyakarta
  

OBAT-OBAT YANG PERLU DIBAWA SAAT BEPERGIAN/LIBURAN

Obat yang perlu dibawa saat bepergian menjadi penolong seorang pelancong yang tidak sengaja mengalami kecelakaan atau tiba-tiba jatuh sakit. Tidak selamanya pelancong  menemukan hal-hal yang menyenangkan saat menikmati liburan. Tidak jarang ketika sedang semangatnya berlibur atau bepergian tiba-tiba dilanda sakit atau mengalami kecelakaan yang menyebabkan cedera. Oleh sebab itu mempersiapkan obat-obatan atau alat kesehatan juga sangat penting untuk kelancaran perjalanan liburan. Selain itu bagi pasien yang sedang menggunakan obat khusus serta memiliki riwayat penyakit atau alergi tertentu dianjurkan ntuk membawa resep atau catatan penting dari dokter. Berikut adalah daftar jenis obat apa saja yang perlu dibawa saat bepergian.

  1. Obat-obat dari resep dokter

Obat ini harus dibawa bagi pasien yang memang punya obat rutin dari dokter. Selain untuk diminum rutin, obat-obat tersebut juga sangat bermanfaat sekali sebagai informasi bagi dokter, apoteker atau tenaga kesehatan lainnya untuk mengetahui obat apa yang rutin dikonsumsi apabila pasien butuh penanganan di rumah sakit.

  1. Anti diare

Salah satu faktor mengapa obat antidiare penting untuk selalu dibawa bepergian adalah karena makanan yang dikonsumsi di daerah yang baru didatangi belum tentu cocok dengan sistem penceranaan. Makanan yang terlalu pedas atau asam biasanya dapat memicu terjadinya diare.

Contoh: Diapet®, Loperamide (Lodia®, Imodium®). Laksansia

  1. Anti-motion sickness

Obat ini wajib dibawa khususnya bagi pelancong yang memiliki riwayat mabuk ketika perjalanan baik itu mabuk darat, laut atau udara.

Contoh: Antimo®.

  1. Anti alergi

Obat ini perlu dibawa sebagai penanggulangan pertama saat mengalami alergi, baik alergi akibat makanan maupun debu dan udara. Efek samping yang sering muncul adalah mengantuk. Untuk itu tidak disarankan mengkonsumsi obat ini apabila akan mengendarai kendaraan.

Contoh: CTM, cetirizine.

  1. Obat flu dan batuk.

Perubahan cuaca dapat memicu terjadinya flu dan batuk, apalagi saat kondisi tubuh sedang tidak fit.

Obat ini wajib dibawa bagi pelancong yang memiliki riwayat penyakit maag.

  1. Obat nyeri atau penurunan panas.

Contoh: parasetamol, ibuprofen.

 

OBAT-OBATAN YANG WAJIB ADA DI RUMAH

Kesehatan keluarga adalah nomor satu, oleh karena itu kita tidak boleh meremehkan obat-obatan dan alat medis yang seharusnya ada di rumah. Bukan hanya apotik yang harus memiliki obat-obatan dan alat medis dan bukan hanya orang yang memiliki latar belakang di kesehatan saja yang harus memiliki itu semua, tetapi di tiap-tiap rumah wajib memiliki alat-alat medis dan obat-obatan untuk pengobatan penyakit dan kecelakaan ringan.

Memiliki alat medis dan obat-obatan di rumah bertujuan agar dapat digunakan pada saat darurat. Karena anda tidak tau kapan terjadi sakit atau kecelakaan membutuhkan alat dan obat-obatan tersebut, oleh karena itu akan lebih baik apabila sudah dipersiapkan di rumah. Macam obat-obatan yang perlu disediakan di rumah :

  1. Antipiretik

Obat ini merupakan obat penurun panas. Umumnya obat yang sering digunakan adalah paracetamol. Adapun tujuan dari pemberian obat ini adalah untuk menurunkan panas atau demam agar penderita lebih nyaman beristirahat dan juga dapat berfungsi untuk menurunkan resiko kejang/step pada balita akibat demam.

  1. Oralit

Bisa juga disebut rehidrasi oral. Oralit merupakan cairan untuk mengatasi dehidrasi pada saat terkena diare, dengan komposisi campuran natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat, dan natrium bikarbonat. Oralit tersedia dalam bentuk larutan dan serbuk untuk dilarutkan. Oralit juga dapat dibuat dengan sederhana yaitu dengan melarutkan dua sendok teh gula dan setengah sendok teh garam dapur ke dalam satu gelas air matang.

  1. Karbon aktif

Pada kasus keracunan, makanan karbon aktif dapat di berikan karena karbon aktif bersifat menyerap racun.

  1. Antasida

Obat ini merupakan obat yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung yang diproduksi berlebihan pada lambung. Obat ini tersedia dalam 2 macam bentuk sediaan yaitu larutan dan tablet kunyah.

  1. Obat anti nyeri

Obat anti nyeri ini biasanya di gunakan pada saat sakit kepala, pegal-pegal, keseleo, dan nyeri haid. Obat yang umumnya di gunakan yaitu asam mefenamat, paracetamol dan natrium diklofenak.

  1. Obat Flu

Kombinasi untuk mengobati sakit flu yaitu paracetamol, pseudoefedrine, CTM, dextrometrophane, penilpropanolamin, glyceril guanikolat. Kombinasi dari beberapa obat tadi dapat meredakan gejala flu, hidung tersumbat dan batuk. Ada banyak merk obat flu di pasaran dalam bentuk kapsul, tablet, dan juga sirup yang bisa digunakan.

  1. Antihistamin

Obat ini wajib tersedia di rumah khususnya keluarga yang anggotanya memiliki riwayat alergi. Semakin cepat penangan dengan meminum obat ini semakin cepat pula gejala alergi menghilang. Ada beberapa contoh Antihistamin yaitu CTM, dexchlorpheniramine, loratadine, dan cetirizine.

  1. Vitamin / Suplemen

Kebiasaan pola makan yang tidak seimbang mengakibatkan mikroelemen penting dalam tubuh seperti vitamin (vitamin B, vitamin C) dan mineral (zat besi, zinc, kalsium)  berkurang. Dengan mengkonsumsi vitamin /suplemen anda dapat memenuhi kebutuhan zat-zat tersebut apabila pola makan anda kurang seimbang.

  1. Tetes mata

Hampir setiap hari orang keluar rumah sehingga tidak menutup kemungkinan mengalami iritasi mata karena terkena debu maupun asap kendaraan. Oleh sebab itu wajib sediakan obat tetes mata di rumah. Obat tetes mata yang banyak dijual di pasaran biasanya hanya untuk mengobati iritasi pada mata. Oleh sebab itu harus dapat membedakan mata merah karena iritasi dengan mata merah karena infeksi. Obat infeksi pada mata lebih keras dah harus dengan resep dokter.

 

Sumber:

http://www.dewisehat.top/2016/05/10-alat-medis-dan-9-daftar-obat-obatan.html

https://wwwnc.cdc.gov/travel/page/pack-smart

http://www.who.int/ith/precautions/medical_kit/en/

https://www.webmd.com/a-to-z-guides/features/packing-for-healthy-vacation#1

https://travel.gc.ca/travelling/health-safety/kit

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: