Makanan yang Pas Disantap Saat Musim Hujan

Musim hujan tidak hanya identik dengan cuaca dingin. Namun juga banjir dan berbagai penyakit seperti flu. Karena itu, penting sekali untuk menghangatkan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Ketika kedinginan, sup dan teh sering dicari untuk membuat tubuh hangat. Selain itu, ada juga beberapa makanan dan minuman yang sudah terbukti secara ilmiah dapat menghangatkan tubuh di saat musim hujan. Yuk, intip satu per satu!

  1. Kopi

    Kopi tidak harus disajikan panas-panas untuk menghangatkan tubuh Anda. Kandungan kafein dalam kopi lah yang menaikkan suhu tubuh, karena menstimulasi metabolisme tubuh dan menghasilkan panas. Jadi, es kopi juga dapat menghangatkan tubuh.

  2. Jahe

    Jahe sudah terkenal khasiatnya untuk menghangatkan tubuh. Biasanya jahe dimasukkan ke dalam makanan dan minuman, seperti sup dan teh. Sebenarnya, Anda akan mendapatkan khasiatnya secara utuh jika memakannya dalam bentuk mentah.

  3. Cabe rawit

    Makanan pedas juga dapat menghangatkan tubuh. Keringat dan rasa pedas yang lama tertinggal di lidah dan bibir akan menghangatkan tubuh –khususnya perut Anda. Kandungan capsaicin pada cabelah yang memberikan efek tersebut. Sebenarnya, capsaicin mengiritasi jaringan yang dilewatinya dan terasa sebagai rasa pedas.

  4. Kacang

    Kacang tinggi akan vitamin B3 yang memperlancar peredaran darah dan sistem metabolisme. Kedua hal inilah yang dapat mengatasi kedinginan. Kacang yang dicampur dengan lemak sehat dan tinggi protein seperti yoghurt merupakan camilan sehat yang akan menaikkan suhu tubuh Anda.

  5. Nasi merah

    Nasi merah adalah contoh karbohidrat kompleks yang akan dipecah oleh tubuh secara perlahan. Sehingga, tubuh Anda akan menghasilkan energi dan panas lebih lama. Berbeda dengan nasi putih dan tepung (karbohidrat sederhana) yang dapat meningkatkan gula darah secara cepat. Hal ini tidak baik karena gula darah tersebut juga akan turun drastis secara cepat.

  6. Minyak kelapa

    Minyak kelapa kaya akan lemak sehat yang akan menjadi bahan bakar sistem metabolisme tubuh Anda. Sistem metabolisme tubuh menghasilkan energi yang menghangatkan tubuh. Selain itu, minyak kelapa juga baik karena sifat antivirusnya dan dapat menstabilkan gula darah.

  7. Air es

    Banyak yang menganggap bahwa cokelat panas adalah minuman sempurna untuk cuaca dingin. Tapi, kok ini malah menghangatkan tubuh dengan air es? Hal yang aneh, bukan? Penelitian menyebutkan, cokelat panas justru membuat suhu tubuh Anda berfluktuasi untuk melawan efek dari cairan panas. Hal ini akan membuat suhu tubuh menurun. Sebaliknya, air es atau dingin akan meningkatkan suhu tubuh Anda untuk melawan cairan yang dingin.

Jadi, saat kedinginan –khususnya di musim hujan, Anda tak lagi harus mencari cokelat panas. Konsumsilah makanan dan minuman di atas yang sudah terbukti dapat menghangatkan tubuh.

Sumber : dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons (Redaksi Klikdokter.com)

Dikutip dari : http://www.klikdokter.com/

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: