Cara Alami agar Tak Gampang Sakit

Sistem imun yang optimal merupakan kunci untuk memiliki tubuh sehat dan terhindar dari infeksi penyakit. Terlebih saat cuaca tak menentu dan orang di sekitar kita banyak yang terjangkit penyakit. Untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang optimal, jangan hanya bergantung pada suplemen vitamin. Banyak cara alami yang bisa kita lakukan untuk menggenjot kekebalan tubuh.

1. Tidur teratur
Ini sering disepelekan, padahal begitu kita kurang tidur dalam dua hari saja, tubuh langsung terasa tidak fit. Menurut penelitian, sering begadang terbukti menurunkan sistem imun sehingga kita mudah terserang penyakit dan sulit melawan kuman.

2. Mengolah bawang putih
Beruntung masakan lokal kita banyak menggunakan bawang putih dalam daftar bumbunya. Bawang putih bukan cuma mendongkrak kekebalan tubuh, tapi juga bisa mencegah penyakit jantung.

3. Minumlah lemon, madu, jahe, dan air hangat
Penelitian tahun 2012 menyebutkan, kandungan antioksidan dalam bahan-bahan dapur, seperti jahe, madu, atau lemon, sangat baik untuk melindungi tubuh dari virus. Kandungan vitamin C di dalamnya juga bisa kita manfaatkan untuk mencegah flu. Seduh bahan-bahan herbal tersebut dalam air panas dan konsumsi dalam kondisi hangat.

4. Sup ayam
Semangkuk sup ayam hangat bukan hanya nikmat saat sedang hujan, tapi juga bisa mempercepat pemulihan penyakit flu. Bahan-bahan di dalam sup ayam, seperti bawang, ayam, wortel, atau seledri, diketahui memperlambat perubahan sel darah putih di saluran napas atas. Gejala flu pun lebih cepat membaik.

5. Banyak bergerak
Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di pusat kebugaran hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari demi kebugaran dan menjaga sistem imun tetap optimal.

6. Berjemur
Tak perlu takut sinar matahari akan merusak kulit. Paparan sinar matahari pada pagi dan sore hari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Para ilmuwan sepakat vitamin D merupakan sumber daya bagi sistem imun tubuh.

7. Tertawa
Tertawa merupakan obat terbaik. Aktivitas murah ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tentu saja menurunkan stres, serta membuat kita lebih positif dan bahagia.

Dikutip dari : health.kompas.com

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: