7 Cara Praktis Tangkal Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama penyebab serangan jantung dan stroke –yang menjadi dua penyakit paling mematikan di dunia. Jika tidak ingin terserang dua penyakit mematikan tersebut, Anda harus melakukan aksi tangkal kolesterol tinggi dari sekarang!

Kolesterol adalah komponen yang sebenarnya dibutuhkan untuk kelangsungan hidup sel di dalam tubuh manusia. Namun jika kadarnya berlebihan, substansi ini memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Jenis kolesterol yang demikian dikenal dengan sebutan kolesterol jahat atau Low-Density Lipoprotein (LDL). Jika tidak ingin memiliki kadar kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan. Selain itu Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat.

Adapun cara lain yang juga wajib Anda lakukan, berikut di antaranya:

  1. Teratur periksa kolesterol

Lakukan pemeriksaan kolesterol 1 bulan sekali. Ini bertujuan untuk memantau kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), kolesterol total, serta trigliserida. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai hasil pemeriksaan kolesterol tersebut.

  1. Awasi asupan dan pola makan

Agar kolesterol tidak melonjak, sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji, gorengan, seafood, daging berlemak, serta makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans lain. Di samping itu, pastikan juga pola makan Anda terstruktur. Artinya, lebih baik makan dengan porsi sedikit namun sering. Daripada makan dengan porsi yang lebih banyak namun jarang.

  1. Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol

Zat-zat tertentu dalam rokok dapat menimbulkan peradangan dan kerusakan pada dinding pembuluh darah, sehingga membuat kolesterol lebih mudah menempel dan menimbulkan aterosklerosis –plak lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Sedangkan minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Giat berolahraga

Olahraga rutin adalah cara tepat untuk menurunkan berat badan dan mengendalikan kadar kolesterol. Bahkan, aktivitas ringan seperti berjalan dan lari santai dapat tingkatkan kadar kolesterol baik, lho! Maka dari itu, berolahragalah setidaknya 3-5 kali seminggu, selama 30 menit. Berenang, bersepeda, atau senam dapat menjadi pilihan yang juga baik.

  1. Kendalikan berat badan dan hindari stres

Berat badan berlebihan atau obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung koroner dan stroke; dua penyakit yang berada di peringkat teratas pembunuh nomor satu. Sedangkan stres dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

  1. Awasi tekanan darah Anda

Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan tekanan darah juga meningkat. Karena itu, sebaiknya awasi tekanan darah Anda dengan rutin melakukan pemeriksaan secara berkala.

  1. Lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester

Plant stanol ester yang sudah dikemas dan dijual bebas di pasaran sangat baik untuk mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh. Konsumsi 2 gram plant stanol ester sebanyak 2 kali sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 10%.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, terapkan cara di atas. Tangkal kolesterol, tangkal penyakit jantung sekarang juga!

 

Penulis : dr. Vito A. Damay, Sp.JP, M.Kes, FIHA, FICA (Redaksi Medis Spesialis Jantung dan Pembuluh darah KlikDokter.com)

Dikutip dari : https://www.klikdokter.com/

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: